Toko Obat Herbal Online yang sudah berpengalaman dalam proses pelayanan dan pengiriman obat herbal ke seluruh indonesia

Post Top Ad

Selasa, 28 Februari 2017

MAKANAN SEHAT UNTUK JANIN PINTAR

Mungkin ini bukan pertama kalinya anda mendengar bahwa makanan yang anda konsumsi saat kehamilan sangat mempengaruhi perkembangan bayi secara fisik. tetapi apakah anda juga tahu bahwa makanan juga dapat berpengaruh pada kecerdasan sang bayi?

Sebagai seorang ibu hamil, anda harus memastikan bahwa makanan yang anda konsumsi mengandung nutrisi yang penting bagi kecerdasan sang bayi.

MEMILIH BEBERAPA MAKANAN SEHAT


Beberapa Makanan Yang Dianjurkan Dikonsumsi Untuk Kecerdasan Sang Bayi, Diantaranya :

Konsumsi Makanan Yang Mengandung Omega 3
Asam lemak omega-3 sangat penting karena berperan dalam pembentukan neuron. Neuron adalah saraf yang mengirimkan impuls listrik ke otak dan pesan ke organ tubuh lainnya. Anda bisa mendapatkan kandungan omega-3 dari berbagai jenis ikan, telur, wallnut, daging merah, bayam, tahu, dan kacang-kacangan.

Makanan kaya akan Omega 3


Konsumsi Buah Buahan Dan Sayuran
Anatioksidan adalah nutrisi yang membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak jaringan otak calon bayi anda. Antioksidan banyak terdapat dalam sayur dan buah seperti pepaya, sayuran berdaun hijau tua, tomat, dan buah berri. Pastikan buah dan sayuran dalam kondisi bersih sebelum anda mengonsumsinya.

Buah Buahan dan Sayuran

Konsumsi Makanan Yang Mengandung Zat Besi
Zat besi adalah nutrisi penting dalam masa kehamilan anda karena nutrisi ini berfungsi mengirimkan oksigen pada sang bayi. Kekurangan oksigen pada janin dapat berdampak negatif pada IQ sang bayi. Hal ini juga berdampak buruk bagi pertumbuhan sang bayi. Untuk mengetahui kadar zat besi dalam darah anda bisa meminta bantuan dokter. Makanan yang mengandung zat besi antara lain daging ayam, sereal, kacang-kacangan dan daging sapi tanpa lemak.

Makanan Kaya Akan Zat Besi

Konsumsi Protein
Saat hamil, tubuh anda memerlukan asupan protein lebih untuk membantu perkembangan sel-sel baru dan hormon yang meningkatkan pertumbuhan sang bayi.Setidaknya anda bisa menambahkan sekitar 10 gr protein setiap harinya. Anda bisa mendapatkan protein dari sup kacang, 3 ons daging tanpa lemak, dan juga selai kacang.

Makanan Kaya Akan Protein


Konsumsi Makanan Yang Mengandung Asam Amino Kolin
Makanan yang kaya akan asam amino kolin adalah Telur, yang mempromosikan perkembangan otak dan meningkatkan memori pada bayi. Wanita hamil harus makan dua telur yang menyediakan setengah jumlah harian kolin yang direkomendasikan untuk ibu hamil. Telur juga mengandung protein dan zat besi yang meningkatkan berat badan lahir. Bobot lahir rendah berhubungan dengan menurunnya IQ (intelligence quotient).

Kuning Telur mengandung banyak protein


Memilih makanan yang tepat saat kehamilan sangat berperan bagi pertumbuhan bayi Anda, termasuk mengenai kecerdasan otak.Makanan-makanan di atas bisa jadi pilihan menu Anda selama kehamilan di mana makanan tersebut sangat baik bagi kecerdasan sang bayi.

Selain beberapa makanan sehat diatas ibu hamil bisa memilih cemilan yang sehat juga , diantaranya :

Cokelat.
Cokelat banyak mengandung nutrisi untuk kesehatan dan meningkatkan kualitas sel sel otak bayi dan mencerdaskan otak secara sistematik. Konsumsilah cokelat sewajarnya dan tidak terlalu banyak.
Kentang rebus/kukus.
Kentang baik sebgai makan pengganti nasi dan lebih sehta jika dikonsumsi dengan cara direbus atau dikukus. dapat menjaga perkembangan otak bayi dan melindungi fungsi otot dan saraf.
Ketela atau ubi jalar.
Ketela atau ubi mengandung karbohidrat tapi rendah lemak dan memiliki kadar gula alami yang tidak meningkatkan kadar gula darah. Nutrisi pada ketela atau ubi dapat melindungi saraf otak dan membentuk sel sel darah merah pada otak bayi.
Kacang telur.
Makanan ringan yang terbuat dari kacang tanah yang dibalut dengan adonan telur dan minyak zaitun dapat mencegah kecacatan pada otak bayi dan menjaga perkembangan otak bayi selama masa kehamilan.
Jus gabungan antara sayuran dan buah.
Membuat jus dengan bahan sayuran serta buah dalam satu blender misalnya tomat dan brokoli, mangga dan wortel dan sebagainya dapat meningkatkan kualitas vitamin yang didapat dalam satu hari. Hal ini dapat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan kecerdasan otak bayi, ini akibat dari efek vitamin dan antioksidan ganda yang terdapat pada jus tersebut.
Kacang merah, kedelai dan polong.
Rebusan ketiga makanan bergizi tinggi ini dapat anda konsumsi dalam satu piring. Khasiatnya dapat meningkatkan kecerdasan otak dan membentuk struktur otak bayi menjadi lebih sempurna.
Jagung kukus/rebus.
Dibuat nasi jagung tanpa parutan kelapa untuk camilan disiang hari. nutrisi pada jagung sangat baik untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi sejak usianya 3 sampai masa persalinan ibu.
Agar agar rumput laut.
Buatlah agar agar yang dicampur susu dan kacang merah rebus  karena dapat menggadakan nutrisi yang mampu melancarkan pencernaan dan buang air besar pada ibu serta meningkatkan perkembangan otak bayi.
Makan apel menjelang tidur.
Apel mampu memperbaiki daya tahan tubuh dan melancarkan kinerja enzim lipase sekaligus baik untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi.
Pepes tempe.
Jadikan pepes tempe untuk camilan pada siang atao sore hari, nutisinya dapat membantu membentuk struktur sel sel otak bayi agar selalu sehat dan berfungsi dengan baik sampai masa persalinan ibu.
Bubur kacang hijau dan beras merah.
Buatlah bubur kacang hijau yang padat dicampur sedikit beras merah dan susu untuk camilan siang dan sore hari. Kandungan nutrisinya dapat memperkuat  tulang kepala serta  mencerdaskan otak bayi.

Kacang Kacangan bagus untuk ibu hamil


Demikianlah beberapa makanan yang dianjurkan dikonsumsi ibu hamil untuk kecerdasan bayinya kelak, pola hidup sehat memang harus jadi perhatian paling utama apalagi janin yang sedang dikandung, asupan vitamin nutrisi dan lainya berpengaruh untuk kelangsungan pertumbuhan janin agar tetap sehat dan tumbuh dengan kondisi sempurna. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar